Skip to main content

Konsep Sederhana Tentang Self Image Serta Cara Instalasinya

Self Image #1 : Psikologi Citra Diri (Self Image) tidak terlepas dari kiprah Dr. Maxwell Maltz, seorang dokter bedah plastik (tahun 60-an) yang menemukan fenomena menarik dari prakteknya. Sebagian besar pasien yang ditanganinya tetap mengalami rasa minder walaupun telah dilakukan operasi bedah plastik yang sempurna, artinya cacat atau kerusakan yang terjadi tidak saja di tubuh fisik, melainkan sudah menembus sampai ke jiwa yang terdalam, dan tidak serta merta sembuh ketika lapisan fisik disembuhkan.
Nah, kualitas yang berada di jiwa terdalam inilah yang nantinya dikenal sebagai Self Image, dan ternyata entitas ini sangat berperan untuk menggerakkan segalanya. Dari pengalaman dan pemahaman inilah nantinya Maxwell memperkenalkan konsep PsychoCybernetics, yang kelak akan menjadi dasar berbagai metode pemberdayaan diri

Self Image #2 : Singkatnya, gerakan manusia dalam kehidupannya, termasuk kemungkinan2 yang akan ditemuinya (hal baik atau hal buruk) sangat terkait dengan kuasa dahsyat dari entitas yang bernama "Self Image" ini. Self Image bertindak sebagai penyaring pemikiran dari seseorang. Hal yang bertentangan atau tidak selaras dengan Self Image akan dimentahkan (ditolak), sedangkan yang sejalan akan diteruskan.
Dalam pengetahuan PsychoCybernetics digambarkan bahwa manusia bergerak dipandu oleh pilot otomatis (Automatic Guidance System), dan pilot ini berpatokan pada tujuan titik kordinat tertentu yang sudah "tertulis" di Self Image

Self Image #2 : Secara sederhana Self Image (Citra Diri) adalah suatu gambaran diri dari seseorang dari sudut pandang terdalam dirinya sendiri. Self Image seseorang hanya dapat terlihat, ketika seseorang berani melihat dirinya secara jujur. Dengan kata lain, perlu keikhlasan luar biasa untuk dapat melihat secara jelas Self Image dari diri kita sendiri.

Self Image #3 : Demikian dahsyatnya dominasi Self Image dalam menentukan kehidupan seseorang, sehingga dapat dikatakan bahwa kalimat "nasibmu ada di tanganmu" sebenarnya memiliki arti secara teknis "nasibmu tertulis di Self Image-mu". Oleh karena itu dalam upaya mencapai apapun dalam kehidupan ini, sebelum memasuki langkah teknis (berpikir, bergerak, dsb.), perlu dilakukan pemeriksaan secara seksama apakah Self Image sudah selaras dengan apa yang akan kita capai. Sebagai analogi Self Image adalah UUD tertinggi, sedangkan langkah teknis adalah UU atau Kepres, Permen, Perda, dll. Semua langkah teknis harus selalu selaras dengan UUD.

Self Image #4 : Maxwell memperkenalkan konsep yang dinamakan "Servomechanism" atau mekanisme otomatis. Suatu gerakan cerdas yang akan selalu menemukan jalannya sendiri untuk mencapai tujuannya. Sebagai ilustrasi, suatu misil (peluru kendali) yang sudah terprogram untuk menghancurkan target di titik koordinat XYZ, ketika diluncurkan akan memiliki arah gerakan yang berbelak-belok, karena melawan hambatan udara, akan tetapi arah gerakan ini selalu direvisi ulang, sehingga pada akhirnya walaupun melalui jalur yang acak, misil ini akhirnya akan mencapai target. Artinya, hal paling penting dari misil ini adalah titik koordinat target yang diprogramkan kepadanya, sedangkan perjalanan misil akan selalu menyesuaikan dengan kondisi hambatan udara yang dilaluinya.
Analogi ini berlaku terhadap Self Image, dimana Self Image adalah program yang menentukan titik koordinat apa yang akan dicapai. Jika seseorang memiliki Self Image, misal : "Saya ditakdirkan untuk selalu menjadi pecundang", maka selanjutkan akan terjadi gerakan otomatis yang selalu mengkoreksi arahnya (Servomechanism), sehingga apapun yang terjadi selalu akan berakhir untuk menjadikan si pemilik Self Image sebagai pecundang !
Contoh yang lain, ketika seseorang memiliki Self Image, misal "Saya selalu diberikan keberlimpahan", maka apapun yang terjadi di perjalanan, bahkan jika terjadi hambatan yang menyebabkan yang bersangkutan jatuh ke titik nadir terendah, hal itu akan bersifat sementara, karena akan terjadi koreksi terus menerus yang akan berakhir dengan hadirnya keberlimpahan, sesuai dengan target yang telah diprogramkan Self Image.

Self Image #5 : Sampai disini mudah2-an mulai dapat dipahami, bagaimana mungkin seseorang akan berhasil dalam berbisnis, jika ternyata ia memiliki Self Image yang justru bertentangan tujuannya berbisnis, misalkan ternyata ia memiliki Self Image "Saya tidak berhak atas keberlimpahan".
Self Image yang tidak memberdayakan pada umumnya terbentuk secara "tidak disadari" (Unconsciously), antara lain terbentuk karena lingkungan, ajaran yang salah, dan kejadian buruk yang terus berulang sehingga menjadi "Faulty Programming" yang membentuk Self Image.

Self Image #6 : Dari sudut pandang Spiritualitas, maka Self Image adalah cerminan bagaimana seseorang menilai Tuhan-nya. Lebih tepatnya bagaimana seseorang memiliki pandangan dan keyakinan apa yang dapat diberikan oleh Tuhan-nya untuk dirinya. Tidak setiap orang secara jujur meyakini bahwa Tuhan maha pemberi, tidak setiap orang secara jujur dapat meyakini bahwa Tuhan dapat dengan mudah memberikan kebahagiaan bahkan keberlimpahan ! Tidak setiap orang dapat meyakini bahwa Tuhan dapat dengan mudah memberikan kesehatan dan cinta. Dst.

Self Image #7 : Dari sudut pandang keilmuan MIND, maka seluruh gerakan seseorang, misalkan berpikir tertentu, menuju arah tertentu, bertemu dengan keadaan tertentu, bertemu dengan orang tertentu, bukan peristiwa yang kebetulan, melainkan suatu gerakan yang rapih dari salah satu area Mind yang dikenal dengan nama SuperConscious Mind (kesadaran supra). Gerakan SuperConscious Mind ini selalu akan sesuai dengan program inti yang tertulis di Self Image.

Self Image #8 : Nah, mungkin akan timbul pertanyaan, Self Image seperti apa yang pantas dan memberdayakan ? Jawabannya mudah ! Yakinlah bahwa kita berhak atas apapun juga, sebagai hak yang melekat ketika Tuhan mengirimkan kita ke dunia ini. Karena itu pikirkan secara kreatif, sebanyak mungkin Self Image yang positif, sesuai dengan kualitas kehidupan yang akan kita capai.
Self Image ini sebaiknya bersifat global. Kenapa ? Agar kecil kemungkinannya untuk gagal, dengan kata lain, kondisi apapun akan tetap dapat membenarkan Self Image ini. Contoh Self Image yang memberdayakan :
"Saya selalu dikarunia kemakmuran yang melimpah ruah"
"Seluruh kebutuhan saya selalu terpenuhi dengan cara yang sangat mudah"
"Saya pribadi yang sangat menyenangkan bagi siapapun juga"
"Saya selalu menjadi cahaya bagi sesama"
"Saya selalu sehat dan penuh energi"
"Saya selalu berpikiran positif dalam keadaan apapun juga"
"Saya selalu memperoleh hikmah dan pencerahan dari setiap peristiwa kehidupan yang saya alami"
"Saya selalu memperoleh kemudahan dalam kehidupan saya"
"Saya sangat mudah untuk memahami pengetahuan apapun juga"
Nah, silakan pikirkan Self Image yang paling sesuai dengan diri kita, tepatnya sesuai dengan apa yang ingin peroleh dalam kehidupan ini.
***

Self Image #9 : Sebelum saya membahas Instalasi Self Image saya akan memberikan gambaran bahwa kita semua adalah SANG MASTER. Terlepas dari Master tentang hal baik atau hal buruk, karena baik dan buruk hanya dapat dinilai dari apa yang menjadi tujuan hidup kita secara pribadi. Jika bertentangan tentu dikatakan buruk, jika sejalan tentu dikatakan baik.

Self Image #10 : Jika kita memiliki kecenderungan untuk selalu beruntung, maka kita adalah "Master Beruntung". Jika kita memiliki kecenderungan untuk selalu memiliki teman baru di lingkungan apapun, maka kita adalah "Master Berteman". Jika kita selalu sial terus, maka kitapun disebut Master, walaupun "Master Sial". Ingat apapun yang selalu cenderung berulang, menandakan bahwa itu bagian dari kecerdasan Sang Master. Jika kita selalu mudah dalam berhutang, maka kita adalah "Master Debitur". Jika kita selalu saja dihutangi orang lain,tentu saja kita "Master Creditur". Kenapa ada sosok Master dalam diri kita ??

Self Image #11 : Untuk menjadi Master di hal apapun, baik hal baik atau buruk, baik sengaja atau tidak disengaja, kita selalu beranjak dari tahapan terendah sampai tertinggi sebagai berikut :
(1). Unconscious Incompetence. Kita tidak sadar bahwa kita tidak mampu
(2). Conscious Incompetence. Kita sadar bahwa kita tidak mampu
(3). Conscious Competence. Kita sadar bahwa kita mampu
(4). Unconscious Competence. Kita tidak sadar bahwa kita mampu.
Kemampuan Master adalah semua hal yang sudah ter-install di Tahapan ke-4.
Contoh :
Seseorang yang memiliki kecenderungan untuk selalu berlimpah rejeki, atau dengan kata lain selalu menuju arah yang tepat, bertemu dengan orang yang tepat, bertemu dengan pekerjaan yang tepat, semuanya tepat untuk menghasilkan keberlimpahan rejeki, dapat dipastikan menggunakan kemampuan MASTER-nya.
Dengan kata lain, dia tidak perlu lagi berpikir untuk memperoleh hal itu, bahkan tanpa sadar dia sudah akan selalu menuju arah yang tepat, karena MASTER KEBERLIMPAHAN dalam dirinya sudah bekerja secara otomatis tanpa perlu kesadaran lagi.
Demikian juga mereka yang memiliki kecenderungan sial, maka dia tidak perlu lagi berusaha apapun juga, karena sang MASTER SIAL secara otomatis pasti akan membawanya ke kesialan.
*****
Tahapan ke-3 (Conscious Competence) adalah tahapan yang paling SULIT, karena kita melakukannya secara sadar. Seperti halnya mengendarai mobil secara sadar (proses berlatih) pasti akan sulit dan penuh kesalahan, tetapi saat kemampuan mengendarai mobil itu sudah bergeser ke tahapan Unconscious Competence, maka menyetir mobil tidak perlu lagi berpikir, secara otomatis akan dikerjakan oleh sisi Unconscious.
*****

Self Image #12 : Dari penjelasan Self Image #11 mudah2an dapat diperoleh pemahaman, bahwa manusia dapat membentuk MASTER apapun juga, termasuk merubah MASTER BURUK menjadi MASTER BAIK, caranya adalah dengan langsung menuju tahapan ke-3 : Conscious Competence atau tahapan berlatih.
Instalasi Self Image juga dilakukan melalui Tahapan Ke-3. Selanjutnya berbagai teknik dan metode adalah untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan dari Tahapan Ke-3 menuju ke Tahapan Ke-4 (MASTER).

Self Image #13 : INSTALASI SELF IMAGE
Ketika kita akan melakukan Instalasi Self Image, hal ini berarti kita sudah memahami pentingnya Self Image ini bagi kita, sehingga kita sebenarnya sudah berada di Tahapan ke-3 (Conscious Competence) dan siap melakukan instalasi.
Kita dapat menggunakan siklus yang disingkat dengan CRAFT = Cancel Replace Affirmation Focus Training.
Jika siklus ini dikerjakan dengan spartan, maka dalam waktu sekitar 35-40 hari Self Image tersebut sudah akan berpindah ke Tahapan ke-4 (Unconscious Competence).
Melakukan proses CRAFT seperti menanam bibit tanaman. Kita sirami setiap hari, tetapi tidak perlu kita awasi pertumbuhannya, sampai dengan tiba-tiba ia telah menjadi tunas atau pohon.
Berikutnya Detail dari CRAFT.

Self Image #14 : Agar seru kita ambil contoh Self Image yang semua orang menyukainya, yaitu "Saya selalu berlimpah kemakmuran" yang jelas-jelas maksudnya secara praktis, salah satunya adalah kita relatif selalu tercukupi secara finansial. Ini sekedar contoh saja.
Yuk kita mulai melakukan Instalasi atas Self Image ini.
*****

Self Image #15 : C = CANCEL.
Sejak kita menetapkan untuk melakukan instalasi Self Image sesuai contoh Self Image #14, maka kita harus mengawasi terus menerus kata-kata yang kita ucapkan, termasuk kata-kata yang tidak kita ucapkan, termasuk perasaan dan image yang melintas di pikiran, yang bertentangan dengan Self Image ini.
Misalkan : Suatu hari kita secara tidak sengaja mengatakan "Wah saya sedang tidak punya uang !". Ini kata-kata yang HARAM hukumnya. Walaupun di dompet kita tidak ada sepeserpun uang, kita harus selalu mengucapkannya dengan cara yang berbeda.
Misalkan : Kita sudah tidak pernah mengatakan lagi "tidak punya uang", tetapi ketika kita mengeluarkan uang dari dompet kita dan lembar uang kita berkurang, maka secara bathin kita cenderung akan memunculkan image/emosi yang berarti "wah, uang saya berkurang".
Kedua contoh di atas, merupakan bentuk penggagalan Self Image "Saya selalu berlimpah kemakmuran".
***
Tentu saja dalam fase berlatih, ketika kita benar-benar mengawasi pergerakan pikiran kita tentang uang, mungkin puluhan kali bahkan ratusan kali per--hari kita melakukan program pemiskinan. Untuk itulah dilakukan langkah C = CANCEL.
Maksudnya, jika kita mendapati mulut atau pikiran kita melakukan pemiskinan, maka segera ucapkan CANCEL secara tegas, cukup dalam hati !!!
Langkah yang sederhana ini merupakan simbolisasi sesuatu yang besar dan dahsyat, artinya kita mulai menggunakan AWARENESS untuk secara sadar mengamati pola pemiskinan dan berupaya menolaknya !
******
Ok silakan direnungkan, dan silakan komen jika terdapat pertanyaan.
*****

Self Image #16 : R = REPLACE
Merupakan kelanjutan atau inverse dari kasus C = Cancel. Setelah kita menyadari telah melakukan pemiskinan dan kiya melalukan Cancel, segera lanjutkan dengan REPLACE, atau mengganti segera dengan kalimat yang searah dengan "Self Image" atau boleh Self Image itu sendiri.
Segera katakan, misalkan : "Saya pribadi yang penuh keberlimpahan".
Proses sederhana ini sekali lagi melibatkan AWARENESS dan bertujuan untuk menggagalkan program pemiskinan memasuki sisi Unconscious.


Self Image #17 : A = AFFIRMATION
Afirmasi tidak selalu berupa kata, tetapi dapat berupa image atau apapun juga yang akan dipotret oleh sisi Unconscious. Sebaliknya jika Afirmasi berupa kata-kata, maka perlu dipahami bahwa kata-kata ini nanti akan diubah ke bentuk image untuk menghasilkan "rasa" bagi sisi Unconscious.
Contoh Afirmasi non kata, misalkan gambar yang terasoasi dengan keberlimpahan.
Contoh lain : Kita dapat membuat Slip Gaji (dummy) dengan mencantumkan nominal yang kita inginkan.
Perlu dipahami bahwa Affirmation ini ditujukan untuk sisi Unconscious. Tugas kita adalah sesering mungkin mengaktifkannya, jika ia berupa deretan kata, seringlah ucapkan, jika ia berupa gambar, seringlah dilihat.
Tidak perlu yakin atas Affirmation ini (karena keyakinan lebih merupakan penilaian sisi Conscious), lakukan, lakukan, dan lakukan saja. Seperti menyiram bibit tanaman, cukup lakukan, tanpa perlu berpikir keras apakah bibit ini akan tumbuh.

Self Image #18 : F = FOCUS
Dalam sekali sehari, sediakan waktu untuk hening. Lalu dalam keheningan sengajakan untuk memasukkan "Self Image" ini. Semacam langkah Self Hypnosis. Tetapi bagi yang belum memahami Self Hypnosis, cukup dengan memasuki ketenangan dan ucapkan Self Image ini berulang-ulang (repetisi), tambahkan image (gambaran) bahwa kita telah benar-benar berada dalam kondisi tersebut. Semakin jelas (vivid) gambaran kita, akan semakin tajam untuk dipahami oleh sisi Unconscious.

Self Image #19 : T = TRAINING
Ini adalah langkah yang paling menarik ! Kita harus segera ACTING, seakan-akan kita telah berada di situasi & kondisi dimaksud !
Amati dan peragakan dengan kesungguhan bagaimana sikap, tindakan, dan ucapan mereka yang berlimpah.
Jangan ragu untuk mengunjungi tempat-tempat yang merupakan simbol keberlimpahan, Mall, Cafe & Restoran Papan Atas. Tidak perlu membelanjakan sesuatu yang mahal, bahkan cukup kita memesan softdrink di sebuah restoran mewah, sudah memberikan pelatihan (training) yang luar biasa bagi sisi Unconscious.
Jangan ragu untuk mentraktir teman-teman dan sahabat dekat. Tidak perlu mewah, cukup sesuatu yang sederhana, tetapi merupakan simbolik bahwa kita berlimpah.
Mulai membiasakan untuk "Window Shopping" di tempat-tempat mewah (branded). Tidak perlu berbelanja, tetapi membiasakan sisi Unconscious kita agar tidak "kampungan" dan "takut" atas simbol-simbol kemakmuran seperti ini.
Mulai mencari teman mereka-mereka yang sudah berada di strata ini, agar induksi alami terjadi.
Intinya latihlah sisi Unconscious (Training) untuk "mengenali" keberlimpahan. Dan selalu bersikap (Acting) bahwa kita sudah berada di tahapan itu, Acting artinya benar-benar memperagakan "bahasa tubuh" yang tepat, juga tata ucapan kalimat yang benar-benar mewakilli strata yang kita inginkan.

Self Image #20 : RESUME
Demikianlah konsep sederhana tentang Self Image serta cara instalasinya agar menjadi MASTER (berada di tahapan Unconscious Competence).

Sekali lagi jika langkah CRAFT dilakukan secara Spartan, maka dalam 35-40 hari dia sudah akan menjadi bagian dari sisi Unconscious dan akan menghasilkan keajaiban yang luar biasa. Dalam konsep "The Secret" maka Master ini akan menghasilkan efek Attraction (menarik perwujudan), dalam konsep PsychoCybernetics, maka proses ServoMechanism (revisi gerakan otomatis) akan bekerja untuk membentuk perwujudan.

Dan perlu dicamkan, bahwa perwujudan yang akan terjadi benar-benar sesuatu yang riel dan logis, dapat berupa peluang emas, dapat berbentuk project besar, dapat berupa ide original yang dapat di-monetizing. Dan semuanya harus direalisasikan dengan cara-cara logis.
Keajaiban yang sesungguhnya adalah mengapa kita dengan mudahnya memperoleh kesempatan itu ?

Sebagai catatan, apa yang saya jelaskan dengan gamblang disini, bukan sekedar teori dari buku semata, melainkan pengalaman dan perjalanan hidup saya. Sejak tahun 2003 saya benar-benar menjalani kehidupan dengan menggunakan prinsip ini ! Sampai detik ini, dan mungkin sampai kapanpun !

Saya berhutang budi tak terhingga kepada Dr. Maxwell Maltz (alm) yang merupakan guru bathin saya, karena pada tahun 2003, ketika saya terpuruk ekstrim, buku PsychoCybernetics hadir di hadapan saya dengan cara yang sangat ajaib ! Dan secara ajaib pula, saya dapat memahami esensinya, walaupun dalam buku itu beliau hanya mengajarkan Psikologi Citra Diri dalam kerangka yang sangat sederhana dan untuk kebutuhan yang sederhana pula !
Saya hanya dapat mengatakan : "Hati-hati, manusia diberikan Mind dengan kuasa yang dahsyat !!! Sukses dan terpuruk adalah 2 sisi mata uang yang melekat dari kemampuan Mind ini ! Kendalikan Mind, jangan dikendalikan oleh Mind !".
Salam sukses ! Silakan berbagi di Wall saya, jika dalam beberapa puluh hari kedepan keajaiban menghampiri Sahabat semua !.

Sumber: Facebook status Yan Nurindra

Comments

Popular posts from this blog

“QORIN”. Apakah Qorin itu?

Membangkitkan QORIN ( Malaikat Pendamping ) Bismillahhirrahmannirrahim…… “QORIN”..apakah qorin itu..yaitu dua makhluk ALLAH yang tuhan seru sekalian alam letak kan pada setiap manusia yang lahir,qorin ini bukan malaikat Raqib dan Atid atau bukan pula malaikat Kiroman dan Katibin, tetapi ia adalah makhluk lain yang Tuhan letak kan sebagai penjaga manusia, satu dari gol. jin dan satu lagi dari gol.malaikat, kedua makhluk berbeda sifat berbeda alam ini setiap yg masih bernyawa maka ia akan selalu berperang, qorin jin memberikan usulan usulan jahat beserta keampuhan jahatnya, qorin malaikat mengusulkan hal hal baik beserta keampuhan baiknya…jika QORIN dari bangsa jin yang berkuasa atas batang tubuh kita maka tubuh kita akan men jadi sangat kuat dengan segala keampuhannya tetapi kuat dan ampuh tubuh dan akal kita akan berbuat pada kejahatan…dan jika QORIN malaikat kita yang berkuasa atas batang tubuh, maka tubuh kita akan menjadi sangat kuat dengan segala ke ampuhannya tentu saja kuat dan

Reiki Itu Halal Atau Haram?

Ini hasil diskusi debat 1 tahun lalu di grup membongkar kesesatan reiki oleh perdana akhmad dan M.Ajisaka KESIMPULAN HASIL PROSES DISKUSI~DEBAT USTADZ PERDANA AKHMAD DAN MUHAMAD AKBAR AJI SAKA TENTANG REIKI Yth. 1. Saudara-Saudara dengan Iman, Keyakinan dan Kepercayaan Apapun 2. Saudara-Saudara dari Organisasi/Yayasan/Perguruan Ilmu Apapun Di manapun berada Dengan hormat saya beritahukan bahwa, setelah saya melakukan Debat~Diskusi dengan saudara Ustadz Perdana Akhmad maka diperoleh informasi, keterangan dan hasil sebagi berikut : 1). Reiki aman dan baik-baik saja : Dari 30 Juz 114 Surat dan 6666 Ayat Al - Qur'an tidak ada satupun yang terkait dan berhubungan langsung dengan masalah reiki itu sesat atau tidak. Karena reiki bukan lah paham ajaran golongan atau aliran kepercayaan apapun. Al Hadits shahih, Al Hadits tidak shahih, Ijma, Qiyas, Ihsaniah, Madzhab apapun tidak ada urusan dan kaitan langsung dengan " Reiki Murni atau Inti Reiki " yang memp

Download Full Video 100 Gerakan Yumeiho

Video ini meruapakan video full 100 gerakan yumeiho yang bisa anda download secara gratis. Dalam video ini MASAYUKI SAYONJI sebagai Founder of Yumeiho menjelaskan dan mempraktekan 100 gerakan yumeiho. Untuk lebih detail dan lebih jelas bisa Anda pelajari 100 gerakan yumeiho dalam video berikut ini: Jika anda mau mendownloadnya silahkan install add on pada Mozila Firefox atau Google chrome anda, bisa menggunakan add on 1 Click YouTube Video Download atau Download Video YouTube As MP4. setelah itu buka link YouTube dan klik download pada link di bawah video.