Skip to main content

Cara Diagnosa Penyakit dengan Denyut Nadi

Diagnosa Denyut Nadi
Diagnosa Penyakit menggunakan teknik Diagnosa Denyut Nadi

Menurut Sim Kie Jie Diagnosa penyakit melaui palpasi (perabaan) denyut nadi telah dilakukan manusia sejak zaman dahulu. Awal mulanya hanya pada leher, pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Namun perabaan pergelangan tangan lebih sering digunakan dan berkembang hingga sekarang.

Nadi timbul akibat jantung mendorong darah di dalam nadi, karena itu gerakan nadi berhubungan langsung dengan jantung dan juga berhubungan dengan organ-organ yang lainnya, seperti paru-paru, limpa, lambung, hati dan ginjal. Perubahan yang terjadi pada tubuh akan berpengaruh pada perubahan denyut nadi sekaligus memberikan gambaran terhadap kondisi tubuh dan kelainan yang terjadi pada tubuh.

Nadi juga dapat memantau perkembangan penyakit. Nadi yang normal akan berdenyut antara 60 sampai 80 kali per-menit atau sama dengan empat kali per setiap respirasi (satu kali menarik dan satu kali mengeluarkan udara) by. Sim Kie Jie.

Denyutan nadi normal tidak terlalu mengambang dan tidak terlalu dalam, nadi berdenyut tenang, bertenaga dan teratur. Nadi yang tidak normal dikenal dengan nadi patologis (nadi yang menandakan adanya suatu penyakit). Penentuan penyakit melalui denyut nadi ini didasarkan pada tingkat kelajuan (kecepatan), kedalaman dan kekuatan denyutan.

 Berikut adalah pembagian penentuan penyakit berdasarkan denyut nadi :
KELAJUAN NADI
Dibagi menjadi 2 macam :
a). Denyut nadi perlahan.
Nadi yang berdenyut perlahan menunjukan unsur air yang terdapat dalam tubuh (sejuk). Dalam kondisi seperti ini nadi berdenyut lebih pelan dibandingkan dengan denyut nadi biasa (normal). Semakin pelan denyutan nadi-nya berarti semakin tinggi unsur air (sejuk) yang terdapat dalam tubuh.

b). Denyut nadi cepat.
Nadi yang berdenyut cepat menunjukan unsur panas (api) yang terdapat dalam tubuh. Semakin cepat denyutan berarti semakin banyak unsur panas (api) yang terdapat dalam tubuh.

KEDALAMAN NADI
a). Nadi Atas.
Denyutannya bisa dirasakan hanya dengan melalui tekanan yang ringan. Denyutan akan hilang jika kita menekan (pergelangan) terlalu kuat (dalam). Nadi atas menunjukan gejala kekurangan tenaga pada buah pinggang (ginjal). Tanda-tanda yang bisa muncul antara lain: sakit kepala, bunyi berdengung/berdesing dalam telinga dan hotfluses (muka dan leher menjadi merah). Nadi atas juga menunjukan masalah dalam paru-paru. Keadaan seperti ini biasanya ditandai dengan adanya batuk-batuk yang merupakan gejala penyakit asma.

b). Nadi Dalam.
Denyutan nadi tidak nampak dengan sentuhan ringan. Denyut nadi baru terasa setelah mendapatkan tekanan(tangan) yang keras. Nadi dalam menunjukan tanda-tanda seperti keletihan,diare, keputihan.

KEKUATAN NADI
Denyut nadi pada tangan kanan dan kiri akan menunjukan tanda-tanda pada organ tubuh yang berbeda. Tangan kanan menunjukan tanda-tanda pada : limpa, perut, paru-paru dan ginjal kanan. Sedangkan denyut nadi kiri menunjukan kelainan pada hati, jantung dan ginjal kiri.
Berdasarkan kekuatan denyut nadi, dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

a). Nadi Kuat (penuh).
Nadi seperti ini bisa dikenali dengan merasakan adanya denyutan pada ketiga jari yang kita tempelkan pada bagian atas pergelangan tangan. Nadi kuat menunjukan adanya kualitas gelombang yang agresif serta kandungan unsur yang berlebihan.

b). Nadi Lemah (kosong).
Nadi yang lemah menunjukan tubuh kekurangan unsur. Dalam mempelajari perabaan nadi , selain perlu mempelajari teori yang lebih penting adalah prakteknya. Tanpa praktek perabaan nadi, tidak mungkin bisa dipelajari dengan baik atau bahkan tidak akan berhasil sama sekali. Hal penting lainnya dalam melakukan perabaan nadi adalah adanya sensibilitas jari dan konsentrasi dari pemeriksa.

Berikut ini adalah cara melakukan perabaan nadi :
  1. Sebelum dilakukan perabaan hendaknya pasien dianjurkan untuk istirahat sebentar.
  2. Tangan pasien secara horisontal diletakan setinggi jantung dengan telapak tangan mengarah keatas.
  3. Gunakan 3 jari yaitu jari telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk melakukan perabaan. Yang menyentuh nadi hendaknya adalah bagian ujung jari.
  4. Lakukan perabaan dengan menekankan jari melalui 3 kekuatan tekanan yaitu : tekanan ringan, tekanan sedang dan tekanan kuat.
Selama proses pemeriksaan, napas pemeriksa harus teratur, emosi dalam keadaan tenang, sikap baik dan berkonsentrasi penuh.
Nyo Latihan Lagi ...
Sumber: Berbagai sumber.

Comments

Popular posts from this blog

“QORIN”. Apakah Qorin itu?

Membangkitkan QORIN ( Malaikat Pendamping ) Bismillahhirrahmannirrahim…… “QORIN”..apakah qorin itu..yaitu dua makhluk ALLAH yang tuhan seru sekalian alam letak kan pada setiap manusia yang lahir,qorin ini bukan malaikat Raqib dan Atid atau bukan pula malaikat Kiroman dan Katibin, tetapi ia adalah makhluk lain yang Tuhan letak kan sebagai penjaga manusia, satu dari gol. jin dan satu lagi dari gol.malaikat, kedua makhluk berbeda sifat berbeda alam ini setiap yg masih bernyawa maka ia akan selalu berperang, qorin jin memberikan usulan usulan jahat beserta keampuhan jahatnya, qorin malaikat mengusulkan hal hal baik beserta keampuhan baiknya…jika QORIN dari bangsa jin yang berkuasa atas batang tubuh kita maka tubuh kita akan men jadi sangat kuat dengan segala keampuhannya tetapi kuat dan ampuh tubuh dan akal kita akan berbuat pada kejahatan…dan jika QORIN malaikat kita yang berkuasa atas batang tubuh, maka tubuh kita akan menjadi sangat kuat dengan segala ke ampuhannya tentu saja kuat dan

Reiki Itu Halal Atau Haram?

Ini hasil diskusi debat 1 tahun lalu di grup membongkar kesesatan reiki oleh perdana akhmad dan M.Ajisaka KESIMPULAN HASIL PROSES DISKUSI~DEBAT USTADZ PERDANA AKHMAD DAN MUHAMAD AKBAR AJI SAKA TENTANG REIKI Yth. 1. Saudara-Saudara dengan Iman, Keyakinan dan Kepercayaan Apapun 2. Saudara-Saudara dari Organisasi/Yayasan/Perguruan Ilmu Apapun Di manapun berada Dengan hormat saya beritahukan bahwa, setelah saya melakukan Debat~Diskusi dengan saudara Ustadz Perdana Akhmad maka diperoleh informasi, keterangan dan hasil sebagi berikut : 1). Reiki aman dan baik-baik saja : Dari 30 Juz 114 Surat dan 6666 Ayat Al - Qur'an tidak ada satupun yang terkait dan berhubungan langsung dengan masalah reiki itu sesat atau tidak. Karena reiki bukan lah paham ajaran golongan atau aliran kepercayaan apapun. Al Hadits shahih, Al Hadits tidak shahih, Ijma, Qiyas, Ihsaniah, Madzhab apapun tidak ada urusan dan kaitan langsung dengan " Reiki Murni atau Inti Reiki " yang memp

Download Full Video 100 Gerakan Yumeiho

Video ini meruapakan video full 100 gerakan yumeiho yang bisa anda download secara gratis. Dalam video ini MASAYUKI SAYONJI sebagai Founder of Yumeiho menjelaskan dan mempraktekan 100 gerakan yumeiho. Untuk lebih detail dan lebih jelas bisa Anda pelajari 100 gerakan yumeiho dalam video berikut ini: Jika anda mau mendownloadnya silahkan install add on pada Mozila Firefox atau Google chrome anda, bisa menggunakan add on 1 Click YouTube Video Download atau Download Video YouTube As MP4. setelah itu buka link YouTube dan klik download pada link di bawah video.