Skip to main content

JALUR DAN NADI ENERGY

BAB III JALUR DAN NADI

Definisi Jalur dan Nadi
                Pada prinsipnya antara jalur dan nadi sama saja yaitu sebagai jalan/saluran energi, hanya berbeda dalam besaran dan fungsinya saja. Jika jalur merupakan konsep utama dalam mengalirkan energi, maka nadi merupakan cabang2 dari jalur atau sebagai penghubung langsung antar cakra yang satu dengan yang lain tanpa berurutan. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa jalur dan nadi tidak mempunyai energi sendiri sebagai penentu energi yang akan mengalir di dalam jalur.

Jalur terbagi menjadi 3 jalur utama
  1. Satu jalur disebut jalur Fungsional (Ren Mai). Bermula dari dasar tubuh di tengah tubuh melewati testikel dan anus pada titik yang disebut perineum. Mengalir ke atas ke dalam tubuh melewati penis, organ-organ perut, jantung dan tenggorokan (jalur depan tubuh). Jalur kedua disebut jalur Pengatur (Du Mai), bermula dari titik yang sama, mengalir dari perineum ke atas masuk ke tulang ekor dan naik melalui sepanjang tulang belakang terus ke dalam otak dan turun kembali ke langit-langit mulut (jalur belakang tubuh).Jalur Chum na yang menghubungkan lautan energi (Qi Hui) atau tan tien yang biasa digunakan untuk melatih energi qigong, tai chi dll (Untuk lebih jelasnya bisa dilihat digrup tao healing milik mas arief prana jaya)
  2. Jalur Sushumna,  sebagai penghubung antar cakra mayor dan sirkulasi energi di dalam badan
  3. Jalur belakang, sebagai penguhubung antara jalur sushumna dengan nadi2 bagian belakang.

Dari 3 jalur tersebutlah energi mengalir, baik ke luar mahkota atau ketangan hingga sampai kepasien, namun disini kia hanya akan membicarakan 2 jalur saja yaitu jalur sushumna dan jalur belakang saja sesuai konsep cakra yang kita pelajari.

Fungsi Jalur
                Setelah seseorang di bangkitkan energinya maka  harus tahu jalur mana yang akan  digunakan untuk mengalirkan energi, baik energi inti atau energi dari cakra. Dalam pembangkitan kundalini seseorang akan dibukakan jalur sushumna untuk dapat lancar mengalirkan energinya sehingga energi dapat mengalir  hingga keluar mahkota. Namun seperti apakah jalur sushumna itu dan dimana letaknya.
  1. Jalur sushumna adalah suatu jalur yang menghubungkan antara cakra mayor yang dengan cakra mayor yang lain dan akan menembus 7 cakra utama, dimulai dari inti kundalini hingga cakra mahkota, atau diteruskan ke cakra2 diatas mahkota.
  2. Jalur Sushumna terletak di bagian depan tubuh kita dari inti kundalini masuk ke cakra dasar kemudian terus ke atas melewati perut dan naik hingga mahkota. Biasa saya sebut sebagai jalur depan
Pemahaman akan jalur sushumna ini akan memudahkan kita untuk mengalirkan energi yang akan kita alirkan, dan juga pemahaman akan fungsi jalur itu sendiri.

Pengaruh Jalur terhadap Energi
                Sesuai dengan fungsinya,  jalur sebagai jalan (saluran) energi mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain, untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan kondisi jalur.
  1. Tingkat kebersihan jalur, tingkat kebersihan jalur sangat penting agar energi dapat mengalir tanpa hambatan dari cakra yang satu ke cakra yang lain.
  2. Tingkat besaran jalur, besarnya energi yang mengalir juga dipengaruhi oleh besar kecilnya jalur, semakin besar jalur tentu akan semakin besar energi yang dapat mengali di dalam jalur.
  3. Tingkat terbukanya jalur, dengan terbuka jalur secara penuh maka aliran energi akan semakin lancar namun jika jalur tertutup oleh cakra dapat menyebabkan sindrom
Hal-hal yang perlu dilakukan dengan jalur
  1. Lakukan pembersihan secara berkala dengan jalur anda agar kondisi jalur semakin besar dan mengkilat.
  2. Tempatkan jalur sebagaimana fungsinya dan jangan terlalu sering memutar jalur, karena dengan memutar jalur akan banyak kerugiannya dibanding dengan keuntungannya.
Source: Penggemar Kundalini.

Comments

Popular posts from this blog

“QORIN”. Apakah Qorin itu?

Membangkitkan QORIN ( Malaikat Pendamping ) Bismillahhirrahmannirrahim…… “QORIN”..apakah qorin itu..yaitu dua makhluk ALLAH yang tuhan seru sekalian alam letak kan pada setiap manusia yang lahir,qorin ini bukan malaikat Raqib dan Atid atau bukan pula malaikat Kiroman dan Katibin, tetapi ia adalah makhluk lain yang Tuhan letak kan sebagai penjaga manusia, satu dari gol. jin dan satu lagi dari gol.malaikat, kedua makhluk berbeda sifat berbeda alam ini setiap yg masih bernyawa maka ia akan selalu berperang, qorin jin memberikan usulan usulan jahat beserta keampuhan jahatnya, qorin malaikat mengusulkan hal hal baik beserta keampuhan baiknya…jika QORIN dari bangsa jin yang berkuasa atas batang tubuh kita maka tubuh kita akan men jadi sangat kuat dengan segala keampuhannya tetapi kuat dan ampuh tubuh dan akal kita akan berbuat pada kejahatan…dan jika QORIN malaikat kita yang berkuasa atas batang tubuh, maka tubuh kita akan menjadi sangat kuat dengan segala ke ampuhannya tentu saja kuat dan

Reiki Itu Halal Atau Haram?

Ini hasil diskusi debat 1 tahun lalu di grup membongkar kesesatan reiki oleh perdana akhmad dan M.Ajisaka KESIMPULAN HASIL PROSES DISKUSI~DEBAT USTADZ PERDANA AKHMAD DAN MUHAMAD AKBAR AJI SAKA TENTANG REIKI Yth. 1. Saudara-Saudara dengan Iman, Keyakinan dan Kepercayaan Apapun 2. Saudara-Saudara dari Organisasi/Yayasan/Perguruan Ilmu Apapun Di manapun berada Dengan hormat saya beritahukan bahwa, setelah saya melakukan Debat~Diskusi dengan saudara Ustadz Perdana Akhmad maka diperoleh informasi, keterangan dan hasil sebagi berikut : 1). Reiki aman dan baik-baik saja : Dari 30 Juz 114 Surat dan 6666 Ayat Al - Qur'an tidak ada satupun yang terkait dan berhubungan langsung dengan masalah reiki itu sesat atau tidak. Karena reiki bukan lah paham ajaran golongan atau aliran kepercayaan apapun. Al Hadits shahih, Al Hadits tidak shahih, Ijma, Qiyas, Ihsaniah, Madzhab apapun tidak ada urusan dan kaitan langsung dengan " Reiki Murni atau Inti Reiki " yang memp

Download Full Video 100 Gerakan Yumeiho

Video ini meruapakan video full 100 gerakan yumeiho yang bisa anda download secara gratis. Dalam video ini MASAYUKI SAYONJI sebagai Founder of Yumeiho menjelaskan dan mempraktekan 100 gerakan yumeiho. Untuk lebih detail dan lebih jelas bisa Anda pelajari 100 gerakan yumeiho dalam video berikut ini: Jika anda mau mendownloadnya silahkan install add on pada Mozila Firefox atau Google chrome anda, bisa menggunakan add on 1 Click YouTube Video Download atau Download Video YouTube As MP4. setelah itu buka link YouTube dan klik download pada link di bawah video.